Tips Menyalakan dan Memanaskan Motor Matic Setelah Lama Mangkrak di Rumah


 Selama saat epidemi covid-19 ini, warga Indonesia dituntut untuk stay at home, kerja di rumah, serta melaksanakan ibadah di dalam rumah. Mengakibatkan, pemakaian kendaraan bermotor khususnya motor selama saat PSBB serta limitasi sosial jadi menyusut. Motor di dalam rumah juga jadi menganggur kan.

Tahap Awal Main Slot Untuk Pemula

Seperti motor honda beat 110cc keluaran 2010 punya keluarga saya yang pada akhirnya mangkrak jarang-jarang digunakan. Keadaannya seringkali susah dinyalakan atau dipanasin karena intensif penggunaan yang menyusut.


Tetapi saya punyai langkah pertama untuk menahan supaya motor matic saya tidak makin susah dinyalakan atau dipanaskan. Triknya dengan pastikan kebersihan tempat parkir motor. Betul, anda tidak salah serta langkah ini telah saya tunjukkan kok.


Saya punyai pengalaman memanasi motor sampai capek serta malu. Gara-garanya motor saya inapkan di parkiran stasiun semasa dua hari. Terkena hujan, panas, serta debu tidak ketulungan, walau sebenarnya hanya dua hari tetapi parkirannya di saat itu tidak ada atapnya serta berdebu.


Akhirnya elektrik starter motor matic saya macet. Tanda lampunya nyala, berarti aki aman dong. Langsung berubah ke kick starter. Eksperimen pertama tidak berhasil, serta berulang-ulang sampai saya keringetan. Dapat dibayang-bayangin berapakah lama.


Sesudah dapat saya langsung gaspol pulang, tetapi baru 300 mtr. jalan motor berhenti dikarenakan stop di lampu merah. Jadi tontonan deh. Saya minggir sesaat serta mengulang-ulang insiden di parkiran stasiun barusan.


Tidak hanya sekali, saat motor saya tinggal berlibur semasa 2 minggu serta ditinggal di parkiran kos yang berdebu, motor matic saya kembali lagi susah dinyalakan. Nah selama saat limitasi sosial semacam ini tentu banyak masalah sama, motor matic sulit nyala saat akan dipanaskan.


Tetapi jangan memanasi motor matic ya. Ada banyak panduan yang dapat diaplikasikan untuk memanasi motor matic yang lama tidak digunakan alias mangkrak dengan cara aman serta efisien.


1. Membersihkan motor serta cek elektrik strater-nya


Umumnya, orang akan bersihkan motor matic sekaligus memanasinya. Tetapi mulai saat ini coba membersihkan dahulu motor matic anda. Aplikasikan PHBS di motor matic anda pun dong,hehe.


Membersihkan tempat seputar elektrik starter, switch rem, serta standard samping terlebih dulu. Umumnya, karena debu barusan atau kotoran dapat menghalangi kerja starter motor.


Lalu coba nyalakan dengan elektrik starter, jika tidak langsung dapat nyala jangan diminta, langsung berubah ke kick starter (jika motor anda tidak ada engkolnya minta maaf saya tidak memahami, hehe).


2. Jangan langsung nge-Gas!

Nyalakan motor matic anda dengan kick starter alias engkol. Jangan cepat-cepat, sabar. Coba terus sampai dapat, kuncinya semangat tetapi jangan emosi. Umumnya sebab debu yang menghalangi serta kelamaan mangkrak motor jadi susah dinyalakan.

Bila telah nyala, sabar lagi. Jangan langsung nge-gas sampai RPM tinggi. Coba diamkan sesaat mesinnya nyala. Menggeber gas saat memanaskan motor memang disarankan sebab proses pelumasan oli pada mesin akan berjalan cepat.


Tetapi, jangan langsung nge-gas sampai mentok. Ini bahaya! Bisa-bisa motor matic anda langsung overheat serta mati tiba-tiba, aki langsung dapat mati . Nah tekankan bila motor matic anda masih ada saklar lampunya, matikan dahulu supaya kerja aki diawalnya tidak langsung berat. Kasian, aki punyai waktu hidup.


Geber gas motor matic anda sedang-sedang saja. Lumayan tinggi bisa tetapi janganlah sampai mentok. Pokoknya stabil, waktunya cukup, serta intensitasnya tidak tinggi.


3. Manasin motor matic jangan semakin lama

Manusia Indonesia ini unik. Sama seperti yang saya catat barusan, manasin motor sekalian bersihkan motor. Ada pula manasin sekalian ditinggal sarapan, ditinggal mandi, baca koran, ghibah dengan tukang sayur, bahkan bisa saja ada yang disambi menulis di kompasiana.


Baiknya atau waktu efektifnya di rata-rata 2-5 menit. Jangan kelamaan, sebab ya barusan, dapat overheat. Kualitas memanasi motor matic ini menjadi kuncinya. Motor matic jangan semakin lama dipanasin, kecuali overheat pemakaian bahan bakar berlebihan waktu pertama menghidupkan serta memanasi motor dapat menyebabkan fatal, boros.


Ditambah lagi untuk motor matic yang telah full injection. Tehnologi injeksi membuat motor dapat dengan cara mandiri mengenal temperatur seputar serta langsung dapat menyesuaikan. Karena itu, jika motor matic injeksi cukup 2 menitan saja manasinnya.


Motor matic keluaran paling baru sudah dibuat siap gunakan. Lain dengan motor matic yang keluaran 2010 punya saya ini, perlu usaha lebih buat menghidupkannya.


Nah itu barusan panduan menghidupkan serta memanasi motor matic sesudah motor lama mangkrak. Bila telah dicoba masih tidak kemungkinan ada banyak elemen yang penting perbaikan.


Bila anda telah berasa motor berpijar dengan kick starter tetapi saat dicoba menghidupkan dengan elektrik starter justru tidak dapat, dapat jadi permasalahan berada di situ. Kembali pada debu serta kotoran, tempat seputar elektrik starter, switch rem, serta standard samping membersihkan dulu dengan cairan penetran.


Bila masih susah kemungkinan sudah rusak serta perlu tukar atau servis. Nah pemicu lain motor matic susah dinyalakan sesudah lama mangkrak ialah aki tekor. Sama seperti yang telah diulas, aki punyai waktu hidup. Langkah ceknya simpel, jika tanda lampu, lampu sen, serta klakson nyala, aki aman. Jika mati, aki dapat jadi telah tekor perlu ditukar atau disetrum lagi.


Postingan populer dari blog ini

The photo of the enigmatic prism demonstrating beams right in to deep-seated

Mencaci-maki pada tempat umum

Membedah Apa Pentingnya Kendaraan Listrik?